Jumat, 14-11-2025
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMP NEGERI 1 KAYEN KAB. PATI | ABADI MENGUKIR PRESTASI | AKREDITASI A | SEKOLAH RAMAH ANAK | INFO PPDB : 085866956344

Penerapan Inovasi Pembelajaran Dengan Pen Tablet (INTAB) Memudahkan Guru Dalam Menjelaskan Materi Pelajaran Pada Siswa SMP Negeri 1 Kayen

Diterbitkan :

Penerapan Inovasi Pembelajaran Dengan Pen Tablet (INTAB)

Memudahkan Guru Dalam Menjelaskan Materi Pelajaran

Pada Siswa  SMP Negeri 1 Kayen

 

Ditulis : Mohamad Rauf, S.Pd, M.Si

 

Di era teknologi informasi ini, guru dituntut untuk selalu melakukan inovasi salah satunya dengan menggunakan teknologi sebagai media dalam pembelajaran. Guru harus bisa menggunakan teknologi dengan baik, agar materi yang akan disampaikan kepada siswa efektif (Anis, Susanto, & Fathurrahman, 2021: 62). Seorang guru perlu menguasai berbagai bidang, terampil dalam hal pedagogik termasuk inovasi dalam pembelajaran, mengikuti perkembangan mengenai kebijakan kurikulum dan isu pendidikan, mampu merancang pembelajaran, mampu memanfaatkan media dan teknologi baru dalam pembelajaran serta tetap menerapkan nilai-nilai untuk pembentukan kepribadian maupun akhlak baik siswa.

Bentuk inovasi yang dapat dilakukan oleh guru di era teknologi informasi saat ini adalah menggunakan media dalam proses pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi seperti komputer maupun smartphone untuk pembelajaran, serta media lain yang bisa membantu siswa dalam menjalankan proses pembelajaran sesuai tujuan pendidikan. Kemudian, dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa media pembelajaran tersebut pula diharapkan dapat menjadi salah satu cara efektif dalam mengatasi kelemahan  permasalahan pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Melalui pemanfaatan teknologi informasi ini, antara siswa dengan guru maupun sumber belajar dapat terjadi interaksi pembelajaran yang lebih komunikatif. Dengan demikian, interaksi tersebut diharapkan bisa meningkatkan keterampilan berpikir, berinteraksi dan berbagai keterampilan lainnya.

INTAB adalah sebuah inovasi yang memanfaatkan produk tehnologi elektronik dan software (perangkat lunak komputer). INTAB adalah sebuah inovasi yang memiliki beberapa keunggulan yaitu memudahkan guru membuka kembali catatan yang telah dibuat, memudahkan siswa untuk mereview dan mengulang kembali materi bahan ajar   yang masih belum dimengerti, dapat dikirim kembali ke grup WA siswa untuk bahan koreksi catatan siswa serta memudahkan guru membuat file vidio untuk membantu siswa ketika kesulitan dalam memahami materi bahan ajar  yang telah dibahas.

Adapun tujuan inovasi INTAB  dalam proses pembelajaran dianra tanya,  Membantu guru dalam membuat media pembelajaran  berbasis MS Office 10 untuk media pembelajaran, memberikan warna baru pada media pembelajaran dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang sedang dan telah diajarkan guru.

Inovasi INTAB pada proses pembelajaran  memberi manfaat untuk sekolah yaitu menjadikan pembelajaran di SMP Negeri 1 kayen menjadi lebih mudah dan bermakna. Manfaat untuk siswa adalah inovasi ini meningkatkan pemahaman diri peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sedangkan manfaat untuk Pembelajaran di Kabupaten Pati memperkaya inovasi pembelajaran umum sehingga terbentuknya individu yang memiliki kesadaran diri yang baik dalam memahami kekuatan, kelemahan, nilai-nilai, dan minat pribadi untuk mencapai tujuan hidup yang lebih bermakna.

Inovasi INTAB memberikan dampak positif bagi pembelajaran di SMP Negeri 1 Kayen pada khususnya dan masyarakat pendidikan di kabupaten Pati secara umum yang mencakup Satuan-satuan pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA. Cara kerja INTAB adalah sebagai berikut, menghubungkan dan menyalakan semua peralatan komputer dan Pen Tablet. Menginstalasi komputer dengan program Pen Tablet, membuka aplikasi Power Point kemudian menekan menu “Draw” pada aplikasi tersebut. Selanjutnya melakukan penulisan editing dan impor gambar dari file yang ada. Kegiatan ini semua dapat dengan mudah dilakukan saat guru mengajar. File yang dibuat saat mengajar dapat dengan mudah dibuka kembali dan disedit sesuai kebutuhan pada proses belajar mengajar.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan guru sebagai pendidik diharapkan mampu berinovasi atau melakukan pembaharuan pada setiap materi pembelajaran yang diberikan. Dengan inovasi yang dilakukan oleh guru tersebut diharapkan siswa mampu menerima dan menerapkan materi tersebut dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran adalah proses komunikasi atau penyampaian pesan dari pengantar ke penerima (Prawitasari, Sriwati, & Susanto, 2021: 173). Contoh inovasi yang bisa dilakukan guru dalam proses pembelajaran dengan berbasis teknologi informasi yaitu guru mampu membuat media maupun metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perubahan sosial, berarti bahwa mampu menyesuaikan kondisi saat ini.

PEDOMAN TEKNIS INOVASI INTAB(SMP N 1 KAYEN) 

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Penulis : Admin Keren

Tulisan Lainnya